Selasa, 10 Mei 2011

Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Model NCTM Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Materi Luas Bangun Datar

ABSTRAK


Kata Kunci : Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika Pendekatan Konstruktivisme Model NCTM Luas Bangun Datar.


Permasalahan (1) Bagaimana penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme model NCTM pada materi luas bangun datar? (2) Bagaimana hasil prestasi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan Kostruktivisme model NCTM pada materi luas bangun datar?

Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam Penelitian Tindakan ini adalah siswa kelas VII A SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Metode pengumpulan data (1) Tes, (2) Tugas, (3) Wawancara, (4) Observasi, (5) Catatan lapangan. Model analisis data yang digunakan yaitu model alir (Flow model) yang meliputi (1) reduksi data, (2) menyajikan data (3) menarik kesimpulan.

Tujuan Penelitian (1) mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme model NCTM pada materi luas bangun datar di kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar (2) Mengetahui hasil prestasi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme model NCTM pada materi luas bangun datar siswa kelas VII A SMP Muallimin Wonodadi Blitar.

Hasil Penelitian secara empiris menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme model NCTM dapat dilakukan melalui diskusi secara kelompok maupun individu. Penerapan model NCTM dalam pembelajaran ini dilakukan sesuai dengan komponen-komponen dari NCTM yaitu : (1) Tugas, dengan siswa menemukan permasalahan yang nantinya didiskusikan dan memberikan wacana sesuai dengan ide-ide siswa. (2) Wacana, dengan siswa menjadi lebih aktif mengemukakan pendapatnya. (3) Lingkungan, untuk membantu siswa memancing ide-ide supaya dapat berkembang. (4) Analisis, meningkatkan dan memperluas berpikir serta pemahaman siswa. Selain itu, pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme model NCTM dapat membantu meningkatkan hasil prestasi siswa sesuai dengan hasil diskusi dan hasil tes setiap akhir tindakan.

Model NCTM ini merupakan bagian dari konstruktivisme yang didalamnya juga terdapat metode pemecahan-pemecahan masalah. Sesuai dengan komponen-komponen NCTM, dengan tugas tersebut siswa dapat menemukan, membangun, dan mengembangkan wacana dengan ide-idenya untuk menyelesaikan masalah. Sehingga siswa aktif berkreasi untuk menemukan jawabannya.

Dalam proses pembelajaran, pendekatan kostruktivisme model NCTM memiliki banyak kelebihannya. Pendekatan konstruktivisme model NCTM dapat meberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun matematika dalam pikirannya, dapat melaksanakan, menata mengikuti dan menyelesaikan tugas dengan baik. Selain itu dengan pendekatan ini akan tercipta suasana yang menyenangkan karena siswa dapat mengapresiasikan ide-idenya dalam pembelajarannya. Hal ini akan meningkatkan gairah dan motivasi siswa untuk lebih rajin belajar. Sedangkan kekurangannya adalah guru dalam menyiapkan permasalahnya serta referensi dari berbagai sumber.
Dari kelebihan dan kelemahan pendekatan ini, sudah sepatutnya kita mencoba untuk menerapkan pendekatan ini guna mengembangkan kompetensi yang kita miliki.


DOWNLOAD disini untuk skripsi lengkapnya!!!
Semoga bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar