Selasa, 10 Mei 2011

PERBEDAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TAI DAN MODEL STAD DLM PRESTASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK PADA KELAS VIII SMP N 02 WONOTIRTO

ABSTRAK
Kata Kunci : pembelajaran, kooperatif, TAI, STAD, prestasi belajar
Pada saat ini kebanyakan proses belajar mengajar di sekolah banyak menggunakan metode konvensional dimana dalam metode ini guru sangat dominan dan mengontrol alur pelajaran dan metode ini kurang cocok dipakai dalam matematika. Dalam proses pembelajaran guru harus menggunakan metode lain untuk menciptakan siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar, misalnya dengan menggunakan metode pembelajaran yang berkembang saat ini yaitu metode pembelajaran kooperatif model TAI, metode ini adalah konsep pembelajaran dimana setiap siswa secara individual belajar materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan oleh guru dengan cara membagi siswa kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 – 5 orang . Hasil belajar individual dibawa ke kelompok - kelompok untuk didiskusikan dan saling dibahas oleh anggota kelompok, dan semua anggota kelompok bertanggung jawab atas keseluruhan jawaban sebagai tanggung jawab bersama.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ( 1 ) adakah perbedaan antara hasil pre test dan post test kelompok siswa dengan metode kooperatif model TAI pada siswa kelas VIII D pokok bahasan kubus dan balok di SMPN 02 Wonotirto Blitar. ( 2 ) adakah perbedaan antara hasil pre test dan post test kelompok siswa dengan metode kooperatif model STAD pada siswa kelas VIII C pokok bahasan kubus dan balok di SMPN 02 Wonotirto Blitar. ( 3 ) adakah perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa pokok bahasan kubus dan balok yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif model TAI dan model STAD di kelas VIII SMPN 02 Wonotirto Blitar
Penelitian ini bertujuan untuk ( 1 ) Untuk mengetahui perbedaan antara hasil pre test dan post test kelompok siswa dengan metode kooperatif model TAI pada siswa kelas VIII D pokok bahasan kubus dan balok di SMPN 02 Wonotirto Blitar. ( 2 ) Untuk mengetahui perbedaan antara hasil pre test dan post test kelompok siswa dengan metode kooperatif model STAD pada siswa kelas VIII C pokok bahasan kubus dan balok di SMPN 02 Wonotirto Blitar. ( 3 ) Untuk mengetahui perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa pokok bahasan kubus dan balok yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif model TAI dan model STAD di kelas VIII SMPN 02 Wonotirto Blitar.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan pola penelitian (1) penelitian kuantitatif (2) penelitian komparasi (3) penelitian eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 02 Wonotirto, Blitar pada semester genap tahun pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yang ada, yaitu kelas VIII-D yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII-C yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas pembanding.
Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan uji dua pihak yaitu uji t.
Kesimpulan, (1) Terdapat perbedaan antara hasil pre test dan post test kelompok siswa dengan metode kooperatif model TAI pada siswa kelas VIII D pokok bahasan kubus dan balok di SMPN 02 Wonotirto Blitar, (2) Terdapat perbedaan antara hasil pre test dan post test kelompok siswa dengan metode kooperatif model STAD pada siswa kelas VIII C pokok bahasan kubus dan balok di SMPN 02 Wonotirto Blitar, (3) Terdapat perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa pokok bahasan kubus dan balok yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif model TAI dan model STAD di kelas VIII SMPN 02 Wonotirto Blitar.


Skripsi lengkap DOWNLOAD disini coy!!!

Good Luck!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar