Kamis, 21 Juli 2011

PENERAPAN TEHNIK HITUNG JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MATERI PERKALIAN KELAS III-A SD ISLAM SUNAN GIRI NGUNUT

ABSTRAK
Kata Kunci: Tehnik Hitung Jarimatika, Hasil Belajar Peserta Didik

Bagi anak kecil, melakukan pekerjaan menghitung merupakan hal yang paling tidak disukai. Banyak anak didik yang alergi bila harus berhadapan dengan ilmu berhitung. Mereka sering merasa kesulitan bila menghitung dalam jumlah besar, misalnya perkalian bilangan ratusan. Kebanyakan dari mereka menggunakan alat bantu elektronik seperti kalkulator. Dalam Materi perkalian ini peneliti menggunakan Tehnik Hitung Jarimatika untuk memudahkan peserta didik dalam menghitung, kemudian bisa dapat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pembelajaran dengan menggunakan Tehnik Hitung Jarimatika ini diharapkan dapat memotivasi peserta didik dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan sehingga peserta didik merasa senang dan tidak alergi lagi bila harus berhadapan dengan ilmu berhitung khususnya dalam menghitung perkalian.

Yang menjadi fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah:
1).Bagaimana penerapan tehnik hitung jarimatika untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas III-A SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulungagung. 2). Apakah ada peningkatan hasil belajar matematika setelah diterapkan tehnik hitung jarimatika pada peserta didik kelas III-A SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulungagung.

Adapun Tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan penerapan tehnik hitung jarimatika untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas III-A SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulungagung. 2).Untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian setelah diterapkan tehnik hitung jarimatika pada peserta didik kelas III-A SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulungagung.

Skripsi ini bermanfaat bagi sekolah SD Islam Sunan Giri sebagai masukan untuk memberikan proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar, membantu guru dalam mengajar yang lebih berdaya guna dan berhasil guna, menumbuhkan kemampuan belajar matematika peserta didik khususnya dalam materi perkalian, dan merupakan suatu penelitian yang sangat berharga bagi peneliti dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan.

Penelitian ini menggunakan penelitian jenis tindakan kelas. Adapun tehnik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan Tes, Wawancara, Observasi, Catatan Lapangan dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasi belajar matematika peserta didik kelas III SD Islam Sunan Giri, sedangkan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui tentang sejarah sekolah, untuk mendapatkan data tentang proses pembelajaran matematika, keadaan peserta didik, respon peserta didik, guru dan karyawan, visi dan misi, struktur organisasi, kegiatan ekstrakurikuler, sarana dan prasarana sekolah.

Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan Tehnik Hitung Jarimatika akhirnya dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Tehnik Hitung Jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik khususnya dalam materi perkalian. Adapun penerapan pembelajaran meliputu: 1). Tahap Awal, di antaranya yaitu meliputi: a). membuka pembelajaran dengan salam dan mengabsen peserta didik, b). memberikan motivasi pada peserta didik, c). menyampaikan tujuan pembelajaran. 2). Inti, meliputi: a). guru menjelaskan materi yang telah disiapkan, b). memberikan pertanyaan dan soal pada peserta didik, c). membagi lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok, d). Meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil belajar kelompoknya, d). Membahas dan meyelesaikan soal secara bersama-sama. 3). Akhir, meliputi: a). menyimpulkan pokok bahasan yang telah dipelajari dan meminta peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya, b). mengakhiri pertemuan dengan salam.

Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik meningkat dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes pada tiap akhir tindakan. Pada proses belajar mengajar hasil observasi menunjukkan tingkat keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran ini tinggi, peserta didik bersemangat dalam pembelajaran, dan dalam belajar kelompok. Dalam pembelajaran ini pengetahuan bukan hanya didapat dari guru, tetapi juga melalui keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Disini juga dapat menumbuhkan sikap positif dalam diri peserta didik seperti: kerjasama, toleransi, melatih kepercayaan diri serta menghargai pendapat orang lain.

Untuk hasil observasi pengamatan aktivitas peneliti pada siklus I adalah 77,5% masuk dalam kategori baik, pada siklus II adalah 91,2% terjadi peningkatan menjadi sangat baik. Untuk hasil observasi pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 71,4% masuk dalam kategori cukup, pada siklus II adalah 85,7% terjadi peningkatan menjadi baik. Untuk hasil observasi pengamatan aktivitas kelompok pada siklus I adalah 66,7% masuk dalam kategori kurang, pada siklus II adalah 87,5% terjadi peningkatan menjadi sangat baik. Sedangkan untuk hasil test evaluasi pada siklus I rata-ratanya adalah 79,8 masuk dalam kategori baik, dan pada siklus II rata-ratanya adalah 87 meningkat menjadi sangat baik.

Skripsi selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar